Senin, 16 Juli 2012


Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik




Tulisan singkat ini hanya sekedar pemberitahuan bahwa pemerintah yang dalam hal ini adalah dari Kemenkes, telah mengeluarkan pedoman umum penggunaan antibiotik. Pedoman ini ditujukan untuk memberikan acuan bagi tenaga kesehatan yang menggunakan antibiotik dalam pemberian pelayanan kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan dalam penggunaan antibiotik, serta pemerintah dalam kebijakan penggunaan antibiotik. Tau sendiri kan, dilapangan banyak sekali terjadi kesalahan penggunaan antibiotik. Nah dengan diundangkannya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2406/MENKES/PER/XII/2011 tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik, diharapkan seluruh tenaga kesehatan memilki dasar hukum ketika melakukan pembinaan ataupun pendebatan terhadap penyalahgunaan antibiotik ini.


Permenkes ini berisikan empat pasal plus ditambah lampiran yang menjelaskan berbagai hal terkait penggunaan antibiotika. Mulai dari latar belakang hingga ke penilaian penggunaan antibiotik di tempat pelayanan kesehatan, dicantumkan dalam lampiran peraturan ini. Organisasi profesi pun dilibatkan sesuai tugas dan fungsi masing-masing dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan permenkes ini, disamping dilakukan pula oleh dinas kesehatan provinsi dan dinas kesehatan kabupaten/kota. Sebagaimana tujuan awal tulisan ini, silahkan rekan download permenkes-nya ya. Kalau biasanya file yang diatas 3mb saya taruh diluar blog ini agar tidak memberatkan hosting, kali ini saya kecualikan dah. Berikut link unduh dengan volume 7,761 MB, klik kanan=>save as untuk download: Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2406/MENKES/PER/XII/2011 tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik (Diperlukan software winrar atau sejenisnya untuk membuka, tenang aja ntuh software gratis kok. Tinggal googling untuk mendapatkannya.)


Penggunaan antibiotik dalam pelayanan kesehatan yang seringkali tidak tepat sehingga dapat menimbulkan pengobatan kurang efektif, peningkatan resiko terhadap keamanan pasien, meluasnya resistensi dan tingginya biaya pengobatan. Semoga pedoman umum penggunaan antibiotik ini dapat menjadi panduan rekan sekalian dalam mengambil keputusan penggunaan antibiotika yang tepat. Sekian tulisan singkat ini yang kebanyakan copy paste dari permenkes 2406/2011 itu sendiri :) . Salam PAFI.


sumber :http://pafi-blog.info/pedoman-umum-penggunaan-antibiotik

1 komentar:

  1. Lain kali buat sendiri kata katanya yaa... ywdh skr gpp kan masih belajar... tp jgn klamaan

    BalasHapus